Category Archives: Uncategorized

Pemdes Ploso Kembali salurkan BLT DD Bulan Februari


Kamis (08/04), Pemerintah Desa Ploso kembali menyalurkan BLT Dana Desa kepada 38 KPM tahap ke II di tahun 2021 yang berlokasi di Kantor Desa Ploso. Sebelumnya BLT DD Tahap I sudah dibagikan.

Berdasarkan Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, dimana penggunaan Dana Desa Tahun 2021 telah diamanatkan salah satu untuk penyaluran Bantuan Langsung Tunai.

Penetapan KPM BLT DD merupakan hasil musdes yang dilaksanakan oleh BPD sebelumnya, yang mana telah ditetapkan sebanyak 38 KPM yang terbagi pada 2 Dusun di Desa Ploso, diantaranya Dusun Ploso terdapat 18 KPM, Dusun kasim 20 KPM.

ROHMADI menuturkan bahwa penyaluran BLT DD terhadap para KPM sudah melalaui mekanisme dan tahapan pelaksanaan Musdes yang telah diselenggarakan BPD bersama dengan Pemerintah Desa Ploso. Dimana pada hari ini kegiatan pembagian BLT DD terhadap 38 KPM yang terbagi di 2 Dusun berlangsung dengan lancar tanpa hambatan, tuturnya. Pemerintah Desa Ploso juga menjelaskan lebih lanjut bahwa penyaluran BLT DD ini dimulai dari pukul 09.00 WIB dengan tidak lupa tetap menerapkan protokol kesehatan 3 M. ROHMADI selaku Kepala Desa Ploso berharap agar semua bantuan terlebih khususnya dalam hal ini BLT Dana Desa dapat meringankan beban para KPM dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dimana dalam hal ini setiap KPM menerima BLT DD dengan nominal Rp. 300.000,-

Pada kegiatan penyaluran BLT Dana Desa ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Selopuro, BPD, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Ploso.




Perangkat Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar Jalani Vaksinasi Tahap Kedua


HALO ploso-blitar.desa.id – Salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 baik perorangan maupun lingkungan, adalah dengan memberikan vaksin Covid-19.

Aparat desa sebagai garda terdepan, tidak ada alasan untuk menghindari keikutsetaannya dalam program vaksinasi tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Desa Ploso, ROHMADI, saat memberikan pengarahan kepada perangkatnya yang akan mengikuti vaksin di Pusakesmas Selopuro, Sabtu (13/3/2021).

Dikatakan, para Perangkat desa selama ini ikut terlibat langsung dalam penanganan Covid-19 mulai dari kegiatan penyuluhan, pengawasan hingga pendampingan pemakaman jenazah sesuai protokol Covid-19.

“Selain itu, tugas Perangkat Desa bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk melakukan pendampingan penanganan Covid-19. Maka sangatlah tepat bila mulai hari ini para Perangkat Desa menerima vaksin Covid-19,” ungkap Kades.

“Hari ini kita dari Desa Ploso di undang oleh Puskesmas selopuro senanyak 12 orang untuk mengikuti, tapi 2 orang tidak bisa divaksin karena dari hasil screning tidak memenuhi syarat,” imbuhnya.

Kades juga mengingatkan kepada anggota yang sudah vaksin untuk tetap menjaga kesehatan dan dalam melakukan aktivitas sehari-hari tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami ingatkan kepada seluruh perangkat desa untuk tetap menjaga kesehatan, serta mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada,” pungkas ROHMADI

Kepala Desa Ploso Bagikan Sertifikat Program PTSL Pada Warganya


ploso-blitar.desa.id – Pemerintah Desa Ploso, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, membagikan sertifikat melalui program program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Dalam kegiatan ini sertifikat dibagikan langsung oleh Kepala Desa Ploso, ROHMADI yang didampingi panitia PTSL, Kecamatan Selopuro, Koramil Selopuro dan perwakilan dari BPN.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Ploso ROHMADI mengucapkan rasa syukur yang mendalam. Dikatakannya, Desa Ploso sukses melaksanakan program PTSL, dan Pemerintah Desa Ploso sudah melaksanakan tugas dan kewajiban secara normatif sesuai aturan yang berlaku.
” Alhamdulillah warga sangat terbantu dengan program PTSL. semua proses dilakukan secara terbuka dan selalu dikomunikasikan kepada semua warga. Dan sebelumnya pemerintah desa sudah membagikan kurang lebih 250 an sertifikat ke warga, dan hari kita bagikan sejumlah 520 bidang,” jelas ROHMADI Rabu, (9/03/2021).

Seiring pembagian sertifikat melalui program PTSL, Kepala Desa berharap kepada masyarakat Desa Ploso untuk selalu bijak dalam menggunakan sertifikat tanah yang sudah dibagikan. dirinya ingin dengan terlaksananya pembagian sertifikat program PTSL, warga Desa Ploso mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Harapan kami dari Pemerintah Desa Ploso, kesejahteraan warga terus meningkat dengan dibaginya sertifikat ini,” pungkasnya.

Sementara, KASIATUN salah satu warga penerima sertifikat program PTSL mengungkapkan rasa bahagia dan rasa syukurnya atas pembagian yang telah dilakukan.

“Alhamdulillah dengan adanya program PTSL ini saya sebagai warga Ploso merasa terbantu, dan saya sangat berterima kasih sekali, kalau ngurus sendiri pasti habisnya jutaan mas,” ujar KASIATU kepada ploso-blitar.desa.id

Dalam kegiatan tersebut, Kades Ploso tidak lupa selalu mengingatkan masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan, cuci tangan, jaga jarak dan wajib pakai masker.


PPKM Skala Mikro di Desa Ploso : Lingkungan RT Dipasangi Bendera Sesuai Warna Zonasi Sebaran Covid-19

ploso-blita – Tim satuan tugas (Satgas) penanganan covid-19 memasang bendera indikator zona virus corona di setiap tempat strategis di Desa Ploso.

Hal itu dilakukan sebagai pemetaan dalam pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Bhabinkamtibmas Desa Ploso, EKO SUJIANTO menjelaskan, sesuai instruksi Mendagri nomor 3 tahun 2021 tentang pelaksanaan PPKM berskala mikro.

Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan melakukan zonasi wilayah hingga tingkat RT (Rukun Tetangga).

Yakni penggolongan wilayah disesuaikan dengan jumlah penderita Covid-19 dalam satu cakupan wilayah tingkat RT (Rukun Tetangga).

Dengan rincian zona hijau jika dalam satu wilayah RT tidak ada kasus Covid-19.


Zona kuning jika dalam satu RT ada 1-5 rumah warga yang positif corona.

Zona orange jika warga yang terkonfirmasi positif corona berjumlah 6-10 orang.

Zona merah apabila jumlah warga yang terkonfirmasi positif corona lebih dari 10 rumah.

“Disetiap tempat setrategis lingkungan RT dilakukan pemasangan bendera sesuai zona diwilayah RT tersebut oleh tim Satgas,” kata EKO SUJIANTO didampingi Kepala Desa Ploso ROHMADI, Selasa (02/3/2021).

Pemasangan bendera tersebut, menurut EKO SUJIANTOi, juga sebagai indikator tingkat penyebaran covid-19 di lingkungan RT.

Warga di lingkungan RT tersebut diharapkan sadar dan ikut secara bersama-sama dalam mencegah penyebaran virus corona dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Jadi ini langkah dan upaya dalam penegakan disiplin Prokes sekaligus pelaksanaan PPKM berskala Mikro,” ucap EKO SUJIANTO.

Hal itu sebagai tindak lanjut atas Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro dengan sistem zonasi hingga tingkat RT.

Kepala Desa Ploso ROHMADI mengatakan, dengan dipasangnya bendera sesuai zonasi sebaran covid-19 sebagai tindak lanjut untuk mempermudah pemantauan zonasi sebaran Covid-19.

Hal itu dilakukan dengan mengerahkan seluruh Perangkat Desa ke semua RT di Pamong Bloknya masing masing untuk memasang bendera di setiap lingkungan RT dengan warna sesuai zonasi yang menunjukkan kondisi jumlah warga (rumah) terjangkit Covid-19 saat ini.

“Pemasangan bendera itu sebagai simbol zonasi sebaran Covid-19 di tingkat RT, dan itu sebagai penanda tingkat PPKM skala Mikro dengan skenario pengendalian yang diterapkan di lingkungan RT tersebut.

Selanjutnya warga diminta mematuhi ketentuan yang berlaku sesuai zona lingkungan tingkat RT masing-masing itu,” tutur ROHMADI

Editor: Misgianto

Perangkat Desa Ploso Jalani Vaksinasi Covid – 19

ploso-blitar – Sejumlah Polri, Kecamatan + BKKBN, PKK kecamatan, Nakes dan para perangkat desa mengikuti vaksinasi untuk kalangan pelayan publik secara bertahap, dikarenakan jumlah vaksin yang terbatas.

Koordinator Vaksinasi Puskesmas Kecamatan Selopuro mengatakan, vaksinasi belum dapat dilakukan kepada seluruh pelayan publik dan tokoh agama, karena kendala jumlah vaksin yang belum diterima sepenuhnya.

“Saat ini baru bisa melayani vaksinasi kepada 165 orang, meliputi Polri, Kecamatan + BKKBN, PKK kecamatan, Nakes dan perangkat desa, yang sebagian harus menunggu waktu berikutnya karena alokasi vaksinnya terbatas,” kata Koordinator Vaksinasi Puskesmas Kecamatan Selopuro saat melayani vaksinasi di Puskesmas Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, Sabtu (27/2/2021).

Ia menerangkan, sejak vaksinasi hari Jum’at hingga sekarang anggota dari Polri, Kecamatan + BKKBN, PKK kecamatan, Nakes dan para perangkat desa sangat antusias.

“Sampai saat ini tidak ada yang menolak dan begitu mendapatkan pemberitahuan langsung menuju Puskesmas untuk segera divaksin,” katanya.

Setelah divaksin, para Polri, Kecamatan + BKKBN, PKK kecamatan, Nakes dan para perangkat desa belum ada yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Sementara, Kepala Desa Ploso ROHMADI menuturkan, pasca vaksinasi untuk penyuntikan dosis 1, tidak mengalami hal-hal yang mengarah pada KIPI.

“Rasanya sedikit sakit, tapi tidak begitu berat. Sampai sekarang belum merasakan efek samping apapun kok mas,” ungkapnya.

Menurut dia, vaksinasi sangatlah dibutuhkan manusia, demi meningkatkan daya tahan tubuh, untuk menghadapi pandemi COVID-19.

“Untuk semua warga harus pro aktif saja, misalnya nanti ada vaksinasi khusus masyarakat, sebaiknya dijalani dengan baik sesuai arahan dari pemerintah,” tandasnya.

KEGIATAN POSYANDU DESA PLOSO DITENGAH PANDEMI COVID 19


Masih ditengah suasana Pandemi Covid 19, kegiatan Posyandu POS 2 di Desa Ploso mulai aktif kembali setelah beberapa bulan yang lalu kegiatan di non aktifkan untuk tetap stay at home. Seperti yang telah dilakukan oleh para Kader Posyandu Ploso POS 2, pada tanggal 17 Februari 2021, mereka mulai mengadakan kegiatan posyandu yang bertempat di Balai Desa Ploso. Dengan jumlah petugas berjumlah 17 orang, di antaranya Kader Posyandu 5 orang, Kader KB 5 orang, Kader PAUD 5 orang dan 2 orang Kader Gizi dengan Balita nya sejumlah 54. Kegiatan Posyandu ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek dan memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan dari para balita. Dan diharapkan kepada para orang tua yang memiliki balita supaya meningkatkan kesadaran untuk aktif menjaga kestabilan kesehatan putra putrinya dengan rutin ikut penimbangan berat badan agar dapat dikontrol apakah berat badannya naik apa turun, hal ini untuk mengetahui agar balita tidak mengalami gizi buruk. Anak anak diajarkan untuk melakukan perilaku Hidup Bersih dan sehat ( PHBS ). Anak anak dan orang tua yang hadir harus menggunakan masker cuci tangan pakai sabun dan tetap jaga jarak. Hal ini disampaikan oleh salah satu kader posyandu SITI INDASAH selaku Kader Gizi, Selain Penimbangan di kegiatan Posyandu kali ini juga dibagikan Pemberian Makanan Tambahan ( PMT ) berupa kue Lumpur ( jajan pasar ), kolak kacang hijau, Jeli dan buah pisang kepada balita.
Kegiatan pos yandu di POS 2 Desa Ploso ini berjalan dengan lancar dan tentunya tetap sesuai dengan standar protokol kesehatan covid 19.



Rumah Warga Terpapar Covid-19 Semprotkan Desinfektan

Ploso (16/01) – Selasa 08.30 WIB relawan covid-19 Pemdes Desa Ploso bersama lembaga bersiap-siap melakukan penyemprotan desinfektan di 4 (empat) rumah keluarga yang terpapar covid-19 di Dusun Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar. Adanya kasus baru ini menambah daftar kasus terpapar di Desa Ploso.

Tim relawan melakukan persiapan dan koordinasi terlebih dahulu di Aula Balai Desa Ploso yang dipimpin oleh Bapak ROHMADI Kepala Desa Ploso. Setelah dilakukan pembagian tugas dilanjutkan pemakaian APD dan segera menuju lokasi penyemprotan.

Penyemprotan dilakukan menyeluruh didalam rumah terpapar, diluar rumah dan di lingkungan sekitar.

Selesai penyemprotan Bapak ROHMADI memberikan bantuan logistik kepada keluarga korban. “Semoga keluarga segera dinyatakan sembuh dan hasil swab keluarga dinyatakan negatif”, ungkap Kepala Desa Ploso.





Dinilai Sukses Salurkan BLT-DD, Kepala Desa Ploso Terima Penghargaan Kemendes PDTT

Ploso, Kepala Desa Ploso kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, menerima penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia, atas kesuksesan penyaluran bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD) tahap pertama tahun anggaran 2020 sesuai batas waktu yang di tetapkan.

Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Pendamping Desa Ploso Daerah Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, ZAKIYA ULFA Kamis 21/01/2021.

“Piagam yang diberikan Kemendes PDTT merupakan penghargaan terhadap kepala Desa Ploso atas penggunaan BLT-DD sesuai batas waktu yang diterapkan dan tepat sasaran semoga prestasi ini menjadi komitmen bersama dalam untuk meraih prestasi lainnya,” kata ZAKIYA ULFA

Editor: Misgianto / Staff Desa Ploso