Transparansi Pengelolaan APBDes, Desa Ploso Sampaikan Melalui Web Desa Tahun 2019

Desa Ploso (14/06/2019) – Pemasangan APBDesa Tahun 2019 dilakukan oleh Pemerintah Desa
Ploso untuk menindaklanjuti peraturan Menteri Keuangan serta peraturan Pemerintah Daerah mengenai akses transparansi pengelolaan anggaran yang wajib dipublikasikan kepada masyarakat desa baik melalui berita (website) ataupun media cetak seperti spanduk atau baliho.

”Pemasangan APBDesa ini merupakan bentuk pertanggung jawaban kami selaku Pemerintah Desa Ploso agar Transparansi Pengelolaan anggaran dapat diketahui oleh masyarakat secara jelas dan rinci” ucap KOMSUN (Kepala Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar) 13 Juni 2019.

Kini Masyarakat Desa Ploso dapat mengakses atau membaca informasi anggaran desa dengan melihat langsung melalui website Desa Ploso ( http://ploso-blitar.desa.id), diharapkan dengan pemasangan APBDesa ini menjadi salah satu wujud transparansi Pemerintah Desa Ploso dalam menginformasikan pengelolaan anggaran dan akan terus dipublikasikan pada tahap selanjutnya.

SEJARAH DESA PLOSO

Situs Ploso Selopuro, Desa Ploso, Kec. Selopuro, Kab Blitar. Di pinggiran desa ini, tepatnya pada sebuah makam terdapat sebuah benda cagar budaya berupa yoni. Keberadaan yoni tersebut sangat mencolok, bahkan bisa dilihat dari persawahan pinggir jalan raya Selopuro-Kesamben. Untuk menuju lokasi tersebut kita bisa menyusuri sebuah gang di selatan Kantor Desa Ploso. Jalan tersebut akan mengarah ke sawah dan pemakaman. Tak perlu susah susah mencari lokasi BCBnya, karena artefak tersebut dicat putih dan berada di atas sebuah tugu, benar-benar sangat mencolok.
Meski mudah ditemukan, tapi asal-usul kesejarahan dari Situs Ploso ini tidak banyak yang mengetahui. Ketika kami mencoba menanyai panduduk setempat mengenai kesejarahan dari situs ini, ternyata mereka tidak banyak yang mengetahui. Penduduk justru lebih ngeh dengan tokoh yang dimakamkan di sana. Usut punya usut, ternyata bangunan yang kami kira tugu itu sebenarnya adalah sebuah makam. Makam tersebut ditinggikan karena merupakan makam tokoh penting yang bernama Panji Suryo Admojo. Beliau adalah pendatang di Desa Ploso tapi sangat disegani di sana. Hanya itu lah informasi yang bisa kami dapatkan. Mengenai dari mana asal yoni tersebut masih belum ada jawaban. Akhirnya kami hanya mendokumentasikan perwujudan dari situs tersebut, dan menunggu jika suatu saat ada jawaban dari misteri ini.