Monthly Archives: Agustus 2018

Desa Ploso Ikuti Pawai Karnaval HUT RI Ke 73, Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Sejak Dini

PLOSO – Ribuan masyarakat mulai Anak anak hingga Kakek nenek ramaikan pawai karnaval peringati HUT Kemerdekaan RI ke-73, Senin (27/8/2018) di mulai dari Desa Jatitengah, Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar.

Pawai karnaval ini dilepas langsung oleh Kepala Desa Ploso (KOMSUN) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), didampingi Camat camat Selopuro, dihadiri Kapolsek Selopuro beserta anggota, Ndanramil Selopuro dan lapisan masyarakat di Kecamatan Selopuro.

Pawai berlangsung meriah. Para peserta berjalan dari Desa Jatitengah – Desa Selopuro – Desa Ploso – Desa Tegalrejo dengan jarak tempuh 4 KM.

Sebelumnya, dalam sambutan Camat Selopuro (Bambang Setiadji) mengaku bangga melihat semangat dan antusiasme masyarakat Rangsang dalam memeriahkan HUT RI ke-73.

DESA PLOSO IKUT BERPARTISIPASI DALM LOMBA GERAK JALAN UMUM SEKECAMATAN SELOPURO



PLOSO (19/08/2018). Kegiatan Lomba Gerak Jalan umum ini dilaksanakan dengan dimulai Start Pukul 13.00 wib di Depan Indomaret Desa Jatitengah Kecamatan Selopuro dan Finish di Depan SDN 01 Tegalrejo Kecamatan Selopuro. Kegiatan ini merupakan dari rangkaian untuk memperingati hari HUT RI Ke-73 dan dihadiri oleh Camat Selopuro, Danramil Selopuro, Kapolsek Selopuro, Kepala Desa Mronjo, Kepala Desa Jambewangi, Kepala Desa Jatitengah, dan Kepala Desa Selopuro, Banser Selopu, Peserta Masyarakat Sekecamatan Selopuro.

Camat Selopuro berpesan untuk kegiatan ini digelar untuk memeriahkan perayaan HUT RI yang ke-73 di tahun 2018. “Kegiatan ini di ikuti oleh 105 Pleton Peserta Sekecamatan Selopuro dan 11 Pleton peserta di antaranya adalah personil dari Desa Ploso.


Kegiatan ini banyak mengerahkan banyak pihak keamanan dari Babinkamtibnas personil Polsek Selopuro, Babinsa Koramil Selopuro dan Banser Sekecamatan Selopuro. Kegiatan Ini dengan Rute start depan Indomaret Desa Jatitengah, Desa Selopuro, Dusun Kasim desa Ploso Ploso, Dusun Jepun Desa Tegalrejo dan Finis di depan SDN 01 Tegalrejo Desa Tegalrejo. kegiatan ini berakhir Pukul 16.30 wib dengan berjalan aman dan tertib. (By.Misgianto)

Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 di Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar


Ploso-Dalam rangka rangkaian kegiatan HUT RI ke-73 di Desa Ploso diselenggarakan Pergelaran wayang kulit semalam suntuk, hari Jum’at malam Sabtu.

Pergelaran wayang diawali dengan penyerahan “wayang” dari Kepala Desa Ploso kepada Ki Dalang MINTO SUDARSONO dari Tulungagung disaksikan oleh para perangkat desa, Tokoh Masyarakat dan Ratusan Warga.

Dalam sambutannya sebelum pergelaran wayang,Kepala Desa Ploso berharap dengan momen peringatan HUT RI ini pemerintah Desa semakin baik dan dengan dukungan segenap warga masyarakat dapat Bekerja Mbangun Desa untuk mewujudkan masyarakat Desa Ploso yang sehat, cerdas dan sejahtera sebagai visi pemerintahan Desa Ploso.

Pergelaran wayang kulit ini sekaligus perwujudan komitmen pemerintah Desa Ploso terhadap adat istiadat an budaya yang sudah melekat pada Desa Ploso

Selama kegiatan berlangsung masyarakat dengan antusias menonton sampai selesai By.Misgianto

Studi Banding Pengelolaan BUMDes, Kepala Desa Ploso Ajak Peserta Bimtek Kunjungi BUMDes Maju Makmur Desa Minggirsari Kecamatan Kanigoro


Ploso, Hari kedua menjalani Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, sekitar 15 Peserta yang beral dari 10 Perangkat Desa Ploso dan 5 anggota BUMDes Desa Ploso, Rabu (08/08/2018) kemarin, mengunjungi Desa Minggirsari, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten blitar.

Meski tidak banyak perbedaan antara Ploso dan Kanigoro, baik dari segi geografis, sumber daya alam maupun sosialnya, namun kunjungan tersebut bukan semata-mata mencontoh apa yang ada di Desa Karangsono, melainkan mengikuti langkah yang diambil desa tersebut dalam menjalankan BUMDes untuk kesejahteraan dan peningkatan ekonomi desa.

“Kita tahu daerah kita tidak jauh berbeda dengan Desa Karangsono, tapi kita bisa mengambil contoh untuk ilmu dan semangat yang bisa diterapkan di desa kita masing-masing agar desa di Ploso tidak tertinggal oleh desa lainnya. Bagaimana caranya kita mengelola dengan mengadopsi, meniru dan kemudian memodifikasinya sesuai dengan karakteristik desa yang kita miliki. Dan yang paling penting adalah melaksanakannya,” ungkapnya saat memberikan sambutan di Balai Desa Ploso.