Monthly Archives: Juni 2019

Desa Ploso : Kerjasama di Bidang Perpustakaan Modal Besar Meningkatkan Kualitas SDM

Desa Ploso – UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno mengunjungi Perpustakaan Desa Ploso “Tunas Bangsa” untuk memberikan pinjaman beberapa Buku koleksi sebagai upaya meningkatkan pengembangan perpustakaan dalam mendukung peningkatan SDM.

AHMAD ZAINUL, S.E (SEKDES) menyampaikan bahwa kerjasama tersebut diharapkan bisa mengerakkan dan mengorganisir seluruh lapisan masyarakat, kususnya masyarakat Desa Ploso. hal ini di pandang bahwa melalui kerjasama tersebut mempunyai sejumlah ruang lingkup, yaitu adalah pemanfaatan dan pengembangan sumber daya Perpustakaan Proklamator Bung Karno, kemudian pemanfaatan dan pengembangan sumber daya perpustakaan di Perpustakaan Desa Ploso “TUNAS BANGSA”.
AHMAD ZAINUL, S.E juga tidak lupa menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pihak Perpustakaan Proklamator Bung Karno atas bantuan dukungan sehingga terwujudnya kerjasama.

Dan akhir penyampaiannya, AHMAD ZAINUL, S.E kembali mengutarakan harapannya, “Semoga dengan adanya kerjasama tersebut dapat meningkatkan kerjasama dan motivasi ke depan dalam upaya bersama-sama untuk pengabdian bangsa dan negara untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dan bangsa kita”, pungkas Sekretaris Desa Ploso.

PANITIA PENJARINGAN BPD MENYERAHKAN HASIIL KEPADA KEPALADESA PLOSO

Senin, 24 Juni 2019, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya desa. BPD merupakan lembaga baru di desa pada era otonomi daerah di Indonesia.
Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat. Anggota BPD terdiri dari Ketua Rukun Warga, pemangku adat, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat lainnya. Masa jabatan anggota BPD adalah 6 tahun dan dapat diangkat/diusulkan kembali untuk 1 kali masa jabatan berikutnya. Pimpinan dan Anggota BPD tidak diperbolehkan merangkap jabatan sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa.
Ketua BPD dipilih dari dan oleh anggota BPD secara langsung dalam Rapat BPD yang diadakan secara khusus. BPD berfungsi menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.
Peresmian anggota BPD ditetapkan dengan Keputusan Bupati/ Wali Kota, dimana sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama dihadapan masyarakat dan dipandu oleh Bupati/ Wali kota.
Wewenang BPD antara lain:

1. Membahas rancangan peraturan desa bersama Kepala Desa
2. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Desa dan Peraturan Kepala Desa
3. Mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa
4. Membentuk panitia pemilihan Kepala Desa
5. Menggali,menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat

Penggunaan nama/istilah BPD tidak harus seragam pada seluruh desa di Indonesia, dan dapat disebut dengan nama lain.
1. BPD mempunyai hak :
Meminta keterangan kepada Pemerintah Desa;
Menyatakan pendapat.
2. Anggota BPD mempunyai hak :
a. Mengajukan rancangan Peraturan Desa;
b. Mengajukan pertanyaan;
c. Menyampaikan usul dan pendapat;
d. Memilih dan dipilih; dan
e. Memperoleh tunjangan.

KEANGGOTAAN
(1) Anggota BPD adalah wakil dari penduduk Desa yang bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat;
(2) Anggota BPD terdiri dari Ketua RT/RW, golongan profesi, pemuka agama dan tokoh atau pemuka masyarakat;
(3) Anggota BPD setiap Desa berjumlah gasal dengan jumlah sesuai ketentuan yang berlaku;

Panitia penjaringan BPD Desa Ploso menyerahkan Laporan Hasil Pelaksanaan Penjaringan BPD kepada Bapak Kepala Desa Ploso.

berikui ini adalah nama nama BPD yang terpilih sebagai BPD Periode 2019 – 2025

NO NAMA JABATAN TTL JENIS KELAMIN ALAMAT
1. TAUFIQUR ROHMAN Ketua Blitar, 06-05-1984 Laki – laki Ds. Ploso Kec. Selopuro
2. MULYADI Wakil Ketua Blitar, 04-01-1984 Laki – laki Ds. Ploso Kec. Selopuro
3. MASHURI Sekretaris Blitar, 13-09-1973 Laki – laki Ds. Ploso Kec. Selopuro
4. MANZILATUN NI’MAH Anggota Blitar, 01-08-1965 Perempuan Ds. Ploso Kec. Selopuro
5. SAIFUDIN ANWAR Anggota Blitar, 17-08-1973 Laki – laki Ds. Ploso Kec. Selopuro
6. KHOLID MAWARDI Anggota Blora, 07-03-1972 Laki – laki Ds. Ploso Kec. Selopuro
7. SYAFI’I HIDAYAT Anggota Pati, 22-11-1982 Laki – laki Ds. Ploso Kec. Selopuro
8. SUNARI Anggota Blitar, 01-01-1973 Laki – laki Ds. Ploso Kec. Selopuro
9. IKHWANURI Anggota Blitar, 18-12-1967 Laki – laki Ds. Ploso Kec. Selopuro

Angkut ‘Gunung Sampah’ di Bawah Jembatan Kali Bukur Perbatasan Desa Ploso dan Desa Selopuro, DLH Kabupaten Blitar Kerahkan 03 Unit Truk Sampah

Desa Ploso mengerahkan Pemuda Desa (KARANG TARUNA DESA PLOSO) ntuk mengangkut ‘Gunung Sampah’ di bawah Jembatan Kali Bukur (Perbatasan Desa Ploso dan Desa Selopuro), Kecamatan Selopuro, Rabu (19/6/2019).

Permasalahan sampah di bawah Jembatan kali Bukur memang telah lama menjadi perhatian para pengendara dan masyarakat sekitar.

Kepala Desa Ploso, KOMSUN mengungkapkan, masyarakat setempat kebingungan ketika hendak membuang sampah karena tidak ada tempat pembuangan sampah.

“Akhirnya dibuang di situ (Jembatan Kali Bukur). Jadilah ‘Gunung Sampah’,” ungkap KOMSUN, Rabu (19/6/2019).

Pengakutan sampah itu, melibatkan para Perangkat Desa Ploso dan Desa Selopuro, Kecamatan, Puskesmas, Karang Taruna Desa Ploso dan Desa Selopuro, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Blitar, Jasa Tirta, Polsek Selopuro, Sub Ramil Selopuro, Perpus CN, Plant Zone, Blitar Adventure, Sahabat Alam, ICB, Kresek Men, S.B.Cah Berurip, IPNu IPPNU PAC Selopuro, MA Assalam Jambewangi.

Transparansi Pengelolaan APBDes, Desa Ploso Sampaikan Melalui Web Desa Tahun 2019

Desa Ploso (14/06/2019) – Pemasangan APBDesa Tahun 2019 dilakukan oleh Pemerintah Desa
Ploso untuk menindaklanjuti peraturan Menteri Keuangan serta peraturan Pemerintah Daerah mengenai akses transparansi pengelolaan anggaran yang wajib dipublikasikan kepada masyarakat desa baik melalui berita (website) ataupun media cetak seperti spanduk atau baliho.

”Pemasangan APBDesa ini merupakan bentuk pertanggung jawaban kami selaku Pemerintah Desa Ploso agar Transparansi Pengelolaan anggaran dapat diketahui oleh masyarakat secara jelas dan rinci” ucap KOMSUN (Kepala Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar) 13 Juni 2019.

Kini Masyarakat Desa Ploso dapat mengakses atau membaca informasi anggaran desa dengan melihat langsung melalui website Desa Ploso ( http://ploso-blitar.desa.id), diharapkan dengan pemasangan APBDesa ini menjadi salah satu wujud transparansi Pemerintah Desa Ploso dalam menginformasikan pengelolaan anggaran dan akan terus dipublikasikan pada tahap selanjutnya.