Pemilihan Ketua RT/RW, Demokrasi Ala Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar Tahun 2020

http://ploso-blitar.desa.id – Suasana di Desa Ploso Kec. selopuro pada hari Selasa (07/01/2020) pagi itu memang terlihat ramai dan berbeda dari hari biasanya, usut punya usut ternyata saat itu warga yang bermukim di desa tersebut sedang mengukir sejarah baru, dengan menggelar pesta demokrasi ala Desa, untuk memilih pengurus Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) yang menggantikan pengurus lama yang telah berakhir masa jabatannya.

Cukup terlihat unik pesta demokrasi kali ini, yang mana biasanya masyarakat memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah disediakan, namun tidak kali ini, panitia penyelenggara lebih memilih jemput bola dengan mendatangi satu persatu rumah warga dan membawa kotak suara serta kertas suara untuk kemudian masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya.

Kepala Desa (Kades) Ploso, ROHMADI menjelaskan, proses pemilihan RT atau RW ini baru pertama dilakukan di Desa Ploso. Tujuannya, agar warga bisa menentukan siapa RT atau RW yang sesuai dengan kriteria dan dapat mendukung program pembangunan desa Ploso.

“Kami berharap siapa pun calon RT dan RW terpilih hendaknya bisa sejalan dengan program kepala desa, membangun Desa Ploso ini lebih maju ,” ujarnya Selasa (07/01/2020)

Ia menambahkan ada satu dusun yang mengikuti pemilihan RT/RW yakni Dusun Ploso. Dari kedua dusun tersebut ada satu dusun yang tidak dilakukan pemungutan suara yakni dusun Kasim karena tahun 2019 secara bertahap sudah sedikit demi sedikit melakukan pergantian RT dan RW.

Hal senada juga di sampaikan MIFTAHUL FAIZIN selaku Ketua Dusun Ploso, ia menyampaikan bahwa pemilihan Ketua RT dan RW ini dilakukan secara door to door, jika tidak mendapati warga dirumah, pihaknya akan mengulang kembali sampai waktu ditutup sekitar pukul 15.00 WIB.

“Mudah-mudahan dengan adanya demokrasi ala desa Ploso ini sesuai dengan yang diharapkan masyarakat khususnya kepala desa, karena ini merupakan titik tumpu berjalannya sistem pemerintahan dan kami berterima kasih kepada kepala desa karena sudah memberikan kami keleluasaan dalam melaksanakan kegiatan ini,” tutupnya. (***)

Berikut nama-nama Ketua RT/RW terpilih Desa Ploso :
Dusun Ploso

Ketua RW : Bpk. Imam Khalimi
Ketua RT 1 RW 1 : Mas Dwi Suwandi
Ketua RT 2 RW 1 : Mas Mujtahid
Ketua RT 3 RW 1 : Pak Arifin
Ketua RT 4 RW 1 : Pak Said

Reporter : misgianto