Monthly Archives: April 2020

Menyambut Bulan Suci Ramadhan Masyarakat Kerja Bakti Pembersihan Jalan Lingkungan


Ploso – Masyarakat Dusun Kasim Desa Ploso Kecamatan Selopuro melaksanakan kegiatan kerja bakti sosial membersihkan fasilitas umum jalan menuju areal strategis, Kamis (23/04/2020).

Sasaran kerja bakti tersebut adalah pembersihan sektor kanan kiri jalan menuju areal strategisa masyarakat. “Warga kami kelihatan semangat dalam kerja bakti hari ini, ada yang mencangkul membersihkan rumput, ada yang motong dahan dan ranting yang tidak rapi kemudian sampah — sampah dikumpulkan terus dibakar,” jelas ROHMADI.

Dengan kegiatan ini, kepala Desa Ploso mengharapkan semua masyarakat tetap bersatu dan saling gotong royong serta mempererat tali silaturahmi, hidup bersih, kerukunan dan lingkungan yang kondusif dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan. “ Ujarnya”.

Sementara itu Kepala Desa Ploso ROHMADI menyampaikan, “Terima kasih kepada masyarakat yang telah peduli terhadap lingkungan dan kegiatan kegiatan positif yang bertujuan membangun masyarakat. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, akan lebih memberikan semangat untuk semakin peduli akan pentingnya gotong-royong dalam kebersihan lingkungan,” tuturnya”.

MULAI APRIL, WARGA DESA PLOSO TERDAMPAK COVID-19 TERIMA BANSOS SEMBAKO



Ploso – Desa Ploso membagikan sembako kepada warga yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19. Selanjutnya, mereka akan mendapatkan bantuan paket sembako mulai bulan ini.

“Mereka mendapatkan bantuan sembako mulai April, awal Mei dan menjelang hari raya (Idul Fitri). Jadi sebanyak tiga kali. Paket bantuan itu berupa 10 Kg beras, Masker 2 Biji, 1 bungkus Sambal Kacang, snack dan telur 15 butir,” ujar Kepala Desa Ploso Kecamatan selopuro kabupaten blitar ROHMADI, Rabu (22/4/2020).

ROHMADI menegaskan bahwa prioritas yang masuk dalam pendataan adalah warga miskin. Nah, berdasarkan data terpadu kemiskinan daerah, lanjut ROHMADI, terdapat 331 rumah tangga miskin.

ROHMADI melanjutkan, ada beberapa kriteria yang akan mendapatkan bantuan tersebut. Yakni, warga miskin yang belum pernah menerima bansos (bantuan sosial) baik dari pemerintah pusat maupun provinsi, kemudian lansia yang terlantar, serta disabilitas.

KEDATANGAN TIM MONITORING DI DESA PLOSO BERSAMA GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGGULANGAN COVID-19 KABUPATEN BLITAR DALAM RANGKA PATROLI GABUNGAN DI WILAYAH KECAMATAN SELOPURO KABUPATEN BLITAR


Pada hari Sabtu tgl 18 April 2020 Jam 20.30 WIB, bertempat di Desa Ploso kedatangan Giat Tim Monitoring bersama Gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 Kabupaten Blitar dalam rangka Patroli Gabungan ke Wilayah Kecamatan Selopuro untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Selopuro.
Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Kabag Ops Polres ( Kompol Sudarmono S.Pd ), Camat Selopuro, Polsek Selopuro DPP Kapolsek Selopuro 10 orang, Sub Ramil Selopuro DPP Dansub Ramil Selopuro 7 orang, Yonif 511 8 Orang, Satpol PP 10 Orang, Dinkes 2 Orang, Dishub 3 Orang, Damkar 3 orang dan Rangkaian kegiatan Tim Monitoring Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid – 19.

Wabah Virus Corona, Warga Sortir Pendatang dan Karantina Mandiri untuk Cegah Penyebaran Covid-19

PLOSO, Di tengah opsi ‘pembatasan sosial dalam skala besar’ yang dipilih Presiden Joko Widodo, Desa Ploso yang berada di salah satu desa di kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar mulai melakukan karantina mandiri dan menyortir para pendatang. Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah akan mengambil kebijakan untuk melakukan pembatasan sosial dalam skala besar yang diiringi dengan kebijakan darurat sipil. Dalam rapat terbatas yang digelar Senin 30 Mare 2020 dia menghendaki kebijakan pembatasan sosial berskala besar dilakukan “lebih tegas, lebih disiplin dan lebih efektif lagi”.
“Dalam menjalankan kebijakan pembatasan sosial berskala besar, saya minta agar segera disiapkan aturan pelaksanaannya yang lebih jelas, sebagai panduan-panduan untuk provinsi, kabupaten dan kota sehingga mereka bisa kerja,” ujar Jokowi. Dia juga menekankan bahwa karantina kesehatan, termasuk karantina wilayah menjadi “wewenang pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah”.
Meski tak merespons langsung kebijakan yang diambil pemerintah daerah, Jokowi meminta jajaran menterinya untuk memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil pemerintah daerah sejalan dengan kebijakan di pusat.
“Saya harap seluruh menteri memastikan pemerintah pusat dan daerah harus memiliki visi yang sama,” kata dia.

Namun, karena hingga kini belum ada aturan pelaksanaan ‘pembatasan sosial berskala besar’, warga di daerah berinisiatif melakukan karantina wilayah dengan cara masing-masing.

Tulisan ‘ LOCKDOWN. Cukup atimu sing ambyar ojo kesehatanmu’ (cukup hatimu yang hancur, kesehatanmu jangan) terpampang di pintu masuk Desa Ploso, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar. Beberapa pria berjaga sambil bercengkerama di ujung gang, sementara palang pintu menghalangi jalan. Siapa pun yang masuk ke Wilayah tersebut, dihentikan. Mereka diperiksa dan disemprot disinfektan jika hendak masuk. “Kita mengantisipasi agar tidak terkena wabah,” kata salah seorang warga yang siang itu bersama dengan warga kampungnya berjaga di pintu masuk.

Menurut salah satu warga ketua RT dan RW setempat, setiap warganya yang akan masuk ke desa ploso, diminta berhenti terlebih dahulu lalu disemprot dengan cairan disinfektan ke tubuhnya. Sedangkan warga dari luar desa yang ingin masuk akan didata terlebih dahulu, sekaligus ditanya keperluannya datang ke kampung itu. “Kalau tidak penting, kami tidak perbolehkan. Kalau penting, kami data dan kami semprot dulu,” katanya.

DESA PLOSO KECAMATAN SELOPURO ANGGARKAN PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID 19


Instruksi pemerintah mengenai alokasi Dana Desa untuk penanganan wabah Virus Corona (Covid 19) di respon oleh pemerintah Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar untuk membeli sejumlah kebutuhan guna memutus mata rantai penyebaran pandemi global tersebut.
Kepala Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar ROHMADI mengatakan, saat ini anggaran Dana Desa untuk penanganan percepatan Covid 19 sudah diadakan pencairan. Pihaknya menganggarkan Rp. 38.781550-‘ untuk penanggulangan Covid 19.

Bliau memaparkan, selama ini untuk penaggulangan dan percepatan pencegahan Covid 19, Pemerintah Desa Ploso di bantu oleh banyak pihak seperti yang di laksanakan beberapa waktu lalu yakni penyemprotan dainfektan, Pemerintah di bantu Lembaga Masyarakat.