Monthly Archives: Juli 2020

Pembagian BLT DD Tahap III ke 76 KPM, Desa Ploso Terapkan Protokol Kesehatan

ploso-blitar.desa.id – Desa Ploso, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar kembali membagikan Dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahap III kepada warga penerima bantuan BLT, yang bersumber dari Dana Desa tahun 2020, Selasa (28/07/2020).

Pembagian dana BLT langsung dilakukan oleh Kepala Desa Ploso ROHMADI didampingi pendamping desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP Kecamatan Selopuro, para Staf Kaur Desa dan masyarakat penerima bantuan.

Kepala Desa Ploso ROHMADI mengatakan, ada sebanyak 76 KPM yang menerima bantuan dana BLT Tahap III, dan dilakukan dengan mengikuti petunjuk protocol kesehatan. ROHMADI berharap dana bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan yang penting, dan tidak dihambur-hamburkan untuk hal-hal yang mubazir.

“Sebanyak 76 penerima bantuan ini dan kita bagikan mengikuti petunjuk protokol kesehatan untuk proses news normal. Semoga bantuan BLT tahap ketiga ini bisa lebih bermanfaat bagi warga desa Ploso,” tandas ROHMADI.

Editor : Misgianto

Desa Ploso Salurkan Bansos Tahap II Bagi Keluarga Miskin Terdampak COVID – 19

PLOSO – (Pemdes) Pemerintah Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar menyalurkan Bantuan Sosial Pemkab Blitar tahap II di Kantor Desa Ploso, Rabu 16/7/2020).

Secara simbolis menyerahkan Bantuan Sosial Pemkab Blitar tahap II berupa sembako kepada salah seorang warga dari keluarga terdampak Covid-19 oleh Kepala Desa Ploso Rohmadi bersama Sekretaris Desa Ahmad Zainul, S.E, Kasi Pelayanan NA. Lukman S, Kaur Tata Usaha dan Umum Mahmudi.

Jumlah keluarga penerima manfaat untuk bansos tahap II di Desa Ploso sebanyak 324 Kepala Keluarga yang berasal dari keluarga terdampak wabah Covid-19 dan tidak menerima bantuan dari program bantuan sosial lainnya.

Bantuan sosial hari ini merupakan bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Blitar kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.” jelas Rohmadi

” Pada pembagian Bansos Paket Sembako tahap II ini Pemdes Ploso menerapkan protokol kesehatan. Semua undangan, baik penerima maupun petugas penyalur bantuan sosial dan perangkat desa mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Sementara itu penyaluran Bantuan Sosial tahap II sudah melalui mekanisme dan prosedur yang ditetapkan pemerintah. Proses pencairannya melalui serangkaian tahapan pendataan. Selain itu, data penerima sudah melalui verifikasi dan validasi. Proses verifikasi dan validasi data penerima bansos dilakukan melalui dari RT, RW, Kamituwo untuk Prosedurnya melalui musyawarah dusun dan maupun musyawarah desa khusus,” jelas Rohmadi

Dalam penyaluran Bantuan Soaial tahap II tersebut tidak ada polemik di masyarakat. Sebagaimana halnya penyaluran bantuan soaial tahap I, semua proses penyaluranya tahap II berjalan lancar. Hal ini terlihat dari kerja sama dan sinergitas antara Ketua RT, ketua RW, BPD, LPMD, Perangkat Desa, BUMDES dan Relawan Covid 19.

Editor : Misgianto

Pelantikan dan Bintek Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) Desa Ploso Kecamatan Selopuro

PLOSO. Senin 13 juli 2020 Jam 19.00 wib bertempat di Balai Desa Ploso Kecamatan Selopuro dilaksanakan Pelantikan dan dilanjutkan Bimtek bagi PPDP Desa Ploso Kecamatan Selopuro.

Acara ini dihadiri oleh, Kades dan Aparatur Desa Ploso, 3 orang PPK Kecamatan Selopuro, 12 orang PPDP Desa Ploso , berjumlah lebih kurang 25 orang.

Pelantikan dan Bimtek diikuti oleh 12 orang PPDP se Desa Ploso dgn rincian 1 TPS 1 Orang PPDP.
Selesai pelantikan acara dilanjutkan Bimtek s/d 21.00 wib.

BUMDes Abadi Sejahtera Desa Ploso Lepas Seribu Bibit Ikan Koi

PLOSO – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Abadi Sejahtera Desa Ploso Kecamatan Selopuro melakukan pelepasan seribu bibit ikan koi, Senin (13/7/2020). Seribun bibit ikan koi tersebut dilepas pada 3 (tiga) kolam yang dimiliki oleh BUMDes tersebut.

Pelepasan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Ploso Rohmadi, Pendamping Desa Ploso Zaki Aulia, ketua BPD Desa Ploso Taufoqur Rohman dan pengurus BUMDes Abadi Sejahtera.

Kepala Desa Ploso Rohmadi mengungkapkan bahwa budidaya ikan koi ini merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh BUMDes Abadi Sejahtera. Usaha ini nantinya akan dikelola dalam rangka memberdayakan para pengurus yang ada di Bumdes Desa Ploso Kecamatan Selopuro.

“Pengelolaan budidaya ikan koi ini dimaksudkan untuk memberikan kegiatan yang positif bagi para pengurus. dengan harapan mampu memberikan tambahan pendapatan dan kesejahteraan bagi warga masyarakat Desa Ploso Kecamatan Selopuro,” katanya.

Menurut Rohmadi, pemberian bantuan bibit ikan koi ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi air yang melimpah dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi Kelompok BUMDes. Dengan demikian mereka akan mendapatkan pendapatan yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Budidaya ikan koi ini merupakan kegiatan dari BUMDes Abadi Sejahtera. Mereka memiliki 3 (tiga) kolam, namun yang dapat mereka penuhi bibitnya hanya untuk 1 kolam saja. Masih ada 2 kolam lagi yang kosong dalam peroses perbaikan. Harapan ke depan nanti mereka bisa menjadikan hal ini sebagai peluang usaha dari masyarakat,” harapnya.

Penulis: Misgianto
Editor: Misgianto

Sebanyak 82 Kepala Keluarga Desa Ploso Hari ini Terima BST Pos Tahap II

PLOSO – Dampak Covid-19 memang kian terasa oleh masyarakat, khususnya bagi mereka yang belum sejahtera ekonominya. Setelah beberapa waktu penyaluran BST Post tahap I, Hari ini sebanyak 82 Kepala Keluarga pencairan Bantuan Sosial Tunai (BST) Pos di Balai Desa Ploso. Minggu, (12/07/2020).

pemerintah desa Ploso Kepala Desa Rohmadi beserta PUJI HERMANTO selaku Kasi Polisi Pamong Praja Kecamatan Selopuro dan EKO PRAYITNO selaku Babinsa Desa Ploso mendampingi masyarakat Desa Ploso yang terdaftar sebagai penerima BST Post.
“Sore tadi jam 14.00 WIB kita mendampingi masyarakat pencairan BST Pos sebanyak 82 KK. Sekarang pencairan tahap dua. Jumlah bantuan Pemerintah Pusat sebesar Rp.600.000 selama 3 bulan dan pencairannya bertahap” Ujar Rohmadi.

Pemdes Ploso sedang mengupayakan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 khususnya pra sejahtera. Melalui beberapa program diantaranya program bantuan BLT DD, PKH, BST Post, BPNT dan Program Bansos lainya.

Upaya lain kita himpun bantuan-bantuan perusahaan dan masyarakat yang terkategori mampu untuk bergotong royong membantu sesama mengcover masyarakat yang belum menerima atau terlewatkan oleh pendataan Perangkat Desa.

Keren! Perpustakaan Tunas Bangsa Desa Ploso Jadi Juara Harapan Dua Tingkat Provinsi


Tahun 2020 ini, Desa Ploso kembali mencatatkan prestasi di bidang perpustakaan.

Dalam perlombaan perpustakaan tingkat Provinsi Jawa Timur, Desa Ploso berhasil meraih juara harapan II untuk kategori LOMBA PERPUSTAKAAN UMUM TERBAIK (DESA/KELURAHAN)TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2O2O

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur tentang Penilaian Perpustakaan Umum Terbaik (Desa/Kelurahan) Tingkat Provinsi Tahun 2020 Nomor : 041/6351/119.4/2020 tanggal 8 Juli 2020, menetapkan bahwa perpustakaan Desa Ploso ” TUNAS BANGSA” berhasil mendapatkan juara harpan II.

Capaian ini menambah prestasi khususnya di bidang perpustakaan, yang mana pada tahun 2019 Perpustakaan “TUNAS BANGSA” Desa Ploso berhasil mencatatkan masuk dalam 10 nominator perpustakaan terbaik dalam ajang yang sama.

“Dengan kondisi perpustakaan ini, kita berhasil memborong juara harapan II,” kata Ketua Pengelola Perpustakaan Desa Ploso NAHROWI, Rabu (08/7/2020).

Pihaknya berjanji akan melakukan evaluasi, memperbaiki kekurangan dalam penilaian, sehingga perpustakaan yang mewakili Kabupaten Blitar bisa meraih juara tingkat propinsi jawa timur.

“Kita akan benahi apa saja yang menjadi rekomendasi pada saat penilaian”.

Sehingga perpustakaan kita menjadi lebih baik lagi pada saat lomba propinsi nanti,” tandasnya. (*)

Penulis: Misgianto
Editor: Misgianto

Pemdes Ploso Cairkan BLT DD Tahap II Kepada 76 Keluarga Penerima Manfaat


Pemerintah Desa (Pemdes) Ploso, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur salurkan BLT – DD tahap II (dua) Tahun anggaran 2020. Selasa (07/07/2020) pagi. Warga tampak sangat antusias mendatangi Balai Desa Ploso, Kecamatan selopuro, terkait dengan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) untuk keluarga miskin terdampak wabah virus Corona atau Covid-19.

Pemerintah Desa Ploso, Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar, melakukan pencairan BLT – DD Tahun anggaran 2020 dengan pencairan tahap kedua sebesar Rp. 600 ribu.

Sementara itu, ROHMADI selaku Kepala Desa Ploso yang didampingi oleh DENY CANDRA H, S.STP, MM selaku Camat Selopuro, PUJI HERMANTO selaku Kasi Polisi Pamong Praja Kecamatan Selopuro, EKO SUJIANTO selaku Bhabinkamtibmas Desa Ploso, EKO PRAYITNO selaku Babinsa Desa Ploso juga pendamping desa menyerahkan BLT – DD tahap II secara simbolis.

Diberikan kepada penerima manfaat dengan jumlah penerima sebanyak 76 Keluarga Penerima Manfaat mendapatkan jatah uang tunai BLT sebesar Rp. 600 ribu.

“ Hari ini kita melakukan penyaluran BLT – DD tahap II dan tidak ada hambatan apapun serta berjalan dengan lancar. Kami berharap dengan bantuan BLT – DD ini bisa meringankan beban masyarakat, ” ujar ROHAMADI Kades Ploso.

Menurutnya, dengan adanya bantuan dari pemerintah ini semoga bisa dimanfaatkan sebaik baiknya oleh masyarakat, karena di tengah menghadapi pendemi virus Corona atau Covid- 19.

“ Bagi warga yang akan mengambil bantuan tersebut dan masuk ke balai desa Ploso harus tetap mengikuti protap kesehatan pemerintah misalnya, memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, tes Thermo Gun. Dengan cara ini kami berlakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, ” ungkapnya.

Ditambahkan Kepala Desa yang sudah menjabat sejak akhir tahun 2019, saya menghimbau kepada warga untuk tidak memberi imbalan berupa apapun kepada perangkat desa.

” Saya akan ambil sikap tegas apabila ada perangkat desa saya mengambil atau memotong uang bantuan tersebut dari warga Desa Ploso, ” tegasnya.

Salah satu warga yang mengaku bernama ibu suyem selaku penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) Desa Ploso mengatakan,

“ Saya sangat ucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Blitar khususnya kepala Desa Ploso, yang telah membantu meringankan beban perekonomian kami, semoga Bantuan ini bisa bermanfaat, ” ungkapnya.

Penulis: Misgianto
Editor: Misgianto

Desa Ploso Sambut Kunjungan Tim Penilai Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi

Kamis, 02 Juli 2020, Berlangsung kegiatan penilaian lomba perpustakaan tingkat Provinsi, bertempat di “Perpustakaan Tunas Bangsa” Desa Ploso Kecamatan Selopuro. Penilaian ini dilangsungkan dalam kondisi new normal dengan tetap mengedepankan protap kesehatan, visitas kegiatan hanya dihadiri oleh 25 orang. Tim penilai dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Timur. Pelaksanaan lomba ini benar-benar mengedepankan protap kesehatan sebagai upaya menjaga dan menekan penyebaran COVID – 19, namun dengan tetap bisa bekerja serta berkegiatan melalui lomba perpustakaan ini . Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat membangkitkan semangat desa untuk menyelenggarakan perpustakaan di pos pos di lingkungan desa demi tercapainya pemenuhan kebutuhan informasi dan tempat berkegiatan masyarakat.

Penulis: Misgianto
Editor: Misgianto