Pondok Pesantren Al-Iflah Desa Ploso Kecamatan Selopuro Gelar Peringatan Hari Santri Nasional 1440 Hijriyah

Pengakuan atas peran kesejarahan kaum santri melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, menjadi dasar peringatan Hari Santri kerap diperingati serentak di berbagai wilayah.

Penetapan tersebut memberi pengakuan bahwa kaum santri, memiliki peran besar dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mempertahankan Republik Indonesia dari berbagai ancaman baik yang bersifat internal maupun ekstern.

Guna mengenang jasa para santri, sejumlah tokoh agama dan masyarakat Desa Ploso, beserta MWC, Banom, dan lembaga NU Se-Kecamatan Selopuro, Kabupaten Blitar menggelar upacara peringatan hari santri yang ke-4 dilapangan olahraga pondok Pesantren al -Iflah Desa Ploso.

“Upacara Hari Santri nanti akan kami gelar dengan cara unik dan meriah. Untuk jumlah pesertanya sekitar 400 orang, terdiri dari perangkat desa tokoh masyarakat, alim ulama, fatayat, muslimat dan seluruh siswa lembaga pendidikan islam se-Kecamatan Selopuro, KOMSUN Minggu(21/10/2018) siang tadi.

Ditempat yang sama, K.H Harun Ismail selaku Pemik yayasan Pondok pesantren Al-Iflah Dusun Kasim, Desa Ploso memaparkan, sejarah telah mencatat, pertempuran 10 November 1945 itu juga tanpa lepas dari resolusi Jihad di Surabaya tahun 1945 silam. Hari Pahlawan dan Hari Santri merupakan bagian dari catatan sejarah yang tidak bisa terpisahkan.

“Karena itu penetapan Hari Santri 22 Oktober yang selang 20 hari dari Hari Pahlawan 10 November, bermakna strategis untuk menunjukkan bahwa kaum Muslim berperan dalam perjuangan kemerdekaan,” pungkasnya. (Mis”)

2 Replies to “Pondok Pesantren Al-Iflah Desa Ploso Kecamatan Selopuro Gelar Peringatan Hari Santri Nasional 1440 Hijriyah”

  1. Mhn info nya, apakah pak kyai Harun masih sehat? Semoga beliau nya masih sehat.Terima kasih

    1. alhamdulillah. abah e tasek sehat……. sehat banyak acaranya……. banyak undangan ngaji dan santrinya juga semakin banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *