Program Desmigratif Bantu Mantan TKI Berwirausaha Di Desa Ploso Kecamatan Selopuro Tahun 2019

http://ploso-blitar.desa.id – Program desa migran produktif (desmigratif) menyasar 40 orang mantan TKI, keluarga TKI, dan calon wirausahawan di Desa Ploso Kecamataan Selopuro Kabupaten Blitar. Mereka menerima pendampingan berupa pelatihan berwirausaha dan peralatan produktif dengan kegiatan selama 2 (dua) hari di Balai Desa Ploso.


“Mereka adalah mantan TKI maupun keluarganya. Tujuan pemberian Pelatihan dan bantuan ini agar mereka tetap bisa berpenghasilan meski sudah berhenti menjadi TKI. Saat di kampung halaman berwirausaha. Ini yang kita dampingi,” HARIS SUSIANTO, SH, MSi (Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar) katanya kepada Kepala Desa Ploso dan Peserta Pelatihan dalam Program Desmigratif 2019 (12/12/2019).

Jenis bantuan sarana usaha berupa pelatihan Membuat Kue / Jajanan dan peralatan Memasak membuat kue. Peralatan yang diberikan adalah mikser, Oven, dan lain-lain.


MARKAMAH warga Desa Ploso RT.03 RW.02, penerima bantuan program Desmigratif asal Desa Ploso, mengatakan dirinya menerima peralatan memasak. Ia merintis usaha kuliner usai berhenti dari pekerjaannya di Malaysia.

“Sepuluh tahun di Malaysia. Dengan bantuan ini, bisa memudahkan membuat Kue jajanan dadar gulung dan kue kue lainya. Ada beberapa jenis perabot yang diberi pemerintah,” ujar wanita yang memiliki satu anak ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *